Rabu, 30 Agustus 2023

Umur Berapa Balita Bisa Bicara

Umur Berapa Balita Bisa Bicara: Tahapan perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini

Bahasa merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Proses perkembangan bahasa pada anak dimulai sejak usia dini, di mana mereka mulai belajar dan menggunakan kata-kata untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan keinginan mereka. Namun, banyak orangtua yang sering bertanya-tanya, umur berapa sebenarnya balita bisa bicara? Mari kita lihat tahapan perkembangan bahasa pada anak usia dini.

Tahap Awal (0-12 bulan): Perkembangan Bahasa Awal

Pada tahap awal, sejak bayi lahir, mereka telah mengenal suara dan intonasi bahasa sekitarnya. Mereka belajar membedakan suara-suara dan mengenali suara ibu atau orangtua sebagai suara yang paling dikenal. Pada usia 2-3 bulan, bayi mulai mengeluarkan suara yang terdiri dari bunyi-bunyi seperti mengoceh, menggumam, atau tertawa.

Pada usia 6-9 bulan, bayi mulai mengikuti perintah sederhana seperti ‘pegang’, ‘ambil’, atau ‘lihat’. Mereka juga mulai mengucapkan suara tunggal seperti ‘mama’ atau ‘dada’. Meskipun suara yang dihasilkan belum jelas dan belum mengikuti aturan bahasa yang benar, namun ini adalah langkah awal dalam perkembangan bahasa mereka.

Tahap Menengah (12-18 bulan): Mengenal Kata Pertama

Pada usia 12-18 bulan, banyak anak mulai mengenal kata pertama mereka. Mereka mulai menghubungkan suara dengan makna, seperti mengatakan ‘mama’ ketika melihat ibu mereka atau ‘apa’ ketika mereka ingin tahu tentang sesuatu. Anak-anak pada tahap ini juga mulai menggabungkan dua kata sederhana, seperti ‘mama datang’ atau ‘main bola’.

Tahap Lanjutan (18-24 bulan): Kalimat Pendek dan Pengenalan Warna dan Angka

Pada usia 18-24 bulan, banyak anak mulai menggunakan kalimat pendek yang lebih kompleks dengan menggunakan subjek, predikat, dan objek. Mereka juga mulai mengenali warna dan angka sederhana seperti merah, biru, satu, dan dua. Anak-anak pada tahap ini juga mulai mengikuti instruksi yang lebih kompleks, seperti ‘ambil bola merah’ atau ‘tidur di tempat tidur’.

Tahap Pra-Sekolah (2-4 tahun): Kalimat Lebih Panjang dan Pengenalan Abjad

Pada usia 2-4 tahun, banyak anak sudah menguasai kalimat yang lebih panjang dan kompleks. Mereka mulai menggabungkan kata-kata untuk membentuk kalimat yang lebih lengkap dan bisa digunakan untuk berbicara tentang pengalaman, perasaan, dan gagasan mereka. Anak-anak pada tahap ini juga mulai mengenali abjad dan angka lebih lanjut serta mungkin bisa mengenal beberapa huruf dan angka secara